Read Aloud Mendukung Perkembangan Psikologis

By administrator 22 Sep 2025, 14:11:57 WIB Perpustakaan
Read Aloud Mendukung Perkembangan Psikologis

Purworejo Dinpusip, Senin (22/09/2025) -Bimtek membaca nyaring yang diikuti puluhan peserta dari berbagai kalangan yakni orang tua siwa PAUD, Sekolah Dasar, Taman Kanak kanak hingga komunitas baca. Dalam hal ini  menghadirkan dua narasumber, yakni Psikolog Sisilia Maryati,S.Psi.,MPd dan pegiat literasi Komunitas Read Aloud Purworejo yang juga Penyuluh KB, Asri Hidayati. Bimtek membaca nyaring di laksanakan di gedung penunjang layanan perpustakaan.

Sebagai pemateri pertama, Sisilia Maryati memaparkan pentingnya membaca nyaring dari perspektif psikologi. “Membaca nyaring memberikan banyak manfaat, mulai dari stimulasim otak, menambah kosakata, menagasah imajinasi, melatih focus, serta memperkuat kedekatan emosional,” ungkap sisal.

Sisil menambahkan, orang tua atau pendidik harus mampu menjadi role model yang baik, memberikan contoh, dan menjadi bagian dari perilaku subjek. “membaca juga mendukung perkembangan psikologis, social, komunikasi, serta kemampuan berekpresi anak.”

Pada sesi kedua, Asri Hidayati mengupas teknik membaca nyaring secara rinci dan menjelaskan perbedaan membaca dan membacakan nyaring.
“Terkadang banyak orang tua yang menganggap bahwa yang penting anaknya bisa membaca dan memintanya untuk membaca sendiri,” ungkapnya. Menurut Asri, anak justru mendapat banyak manfaat ketika orang tua rutin membacakan nyaring sejak dini.

Asri juga menyinggung hasil PISA 2018 yang menempatkan literasi Indonesia di 10 besar terbawah, menandakan pentingnya kesadaran masyarakat meningkatkan literasi, terutama di lingkungan keluarga. Ia memberi contoh praktik membaca nyaring yang benar serta membawa beberapa jenis buku seperti pillow book, big book, dan buku bacaan berbagai jenjang usia.

Di penghujung acara, peserta diajak mempraktikkan langsung membacakan nyaring.

Ayo membaca. (Jlitheng)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment