
- Kemringet Bareng
- Rapat Bahas Regulasi Implementasi Tatanaskah Dinas
- Penandatanganan MOU LKD Purworejo dengan KPU
- Rapat Konsolidasi Bidang Kearsipan
- Berbondong Bondong Serbu Perpustakaan Keliling
- Bringin Sambeng Didatangi Perpustakaan Keliling
- Perpustakaan Sebagai Ruang Publik Yes
- Rapat Bidang Kearsipan
- Pentingnya Kearsipan bagi Ormas, Dinpusip Purworejo Lakukan Roadshow Pembinaan Kearsipan ke PC FATAYAT NU PURWOREJO
- Literasi Inklusi Dalam Coretax
Kontrol dan Kepuasan Masyarakat untuk Perpustakaan
Rapat Evaluasi Kepuasan Masyarakat
Berita Terkait
- Verifikasi Arsip Usul Serah DISDUKCAPIL0
- Penyerahan Arsip Bernilai Guna Sekunder Kecamatan Bruno0
- Kerjasama Sekolah dan Perpustakaan Tingkatkan Minat Baca Siswa0
- “Ngabuburit” di Perpustakaan Daerah0
- Pemerataan Akses Terhadap Layanan Perpustakaan, Pojok Baca Digital0
- Siapkan Arsiparis Maju Ke Tingkat Provinsi, DINPUSIP Adakan Sosialisasi Persiapan Pemilihan Arsiparis Teladan tahun 20250
- Layanan Konsultasi Kearsipan : DKUKMP 0
- Rapat Persiapan Pemilihan Ketua Asosiasi Arsiparis Indonesia (AAI) Purworejo0
- Mobil Layanan Perpustakaan Keliling Ramai di Gruduk 0
- Bekerja Sama dengan Dinpusip Kabupaten Purworejo, Milad BMT Binamas Gelar Lomba Mewarnai dan Kaligrafi0
Berita Populer
- Monitoring dan Evaluasi Kearsipan
- Selamat Hari Jadi ke-190 Kabupaten Purworejo
- Silang Layan sebagai Salah Satu Solusi
- PERPUSTAKAAN DAN FUNGSI
- Perencanaan
- Pentingnya Akreditasi Perpustakaan
- SEJARAH PERKEMBANGAN PERPUSTAKAAN
- Layanan Silang Layan Perpustakaan Umum Kabupaten Purworejo
- Mengenal Naskah – Naskah Nusantara Melalui Khastara
- Pentingnya terselenggaranya Perpustakaan Khusus

Purworejo Perpusda, Jumat (21/03/2025)-Kepuasan pemustaka atas layanan yang diberikan perpustakaan akan tercermin dari apa yang disajikan perpustakaan itu sendiri. Acara Rapat Evaluasi Kepuasan Masyarakat di pimpin Sekdin Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Purworejo.
Kegiatan tersebut mengambil tema “mengukur Kepuasan Pemustaka.”
Sekdin Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Purworejo, mengemukakan bahwa kepuasan pemustaka dapat diukur dari tiga unsur. Pertama, Affect of Service (kinerja petugas dalam pelayanan), yaitu kemampuan petugas perpustakaan dalam melayani pemustaka yang terdiri dari aspek rasa peduli dan memberi rasa penuh perhatian, siap/tanggap membantu pemustaka yang kesulitan, pengetahuan, wawasan, kemampuan dan keramahan petugas, serta kemampuan memberi janji dan harapan dalam pelayanan. Kedua, Information Control (kualitas informasi dan akses informasi), yaitu ketersediaan informasi dan akses informasi yang berkualitas yang terdiri dari aspek koleksi yang memadai dan kekuatan koleksi yang dimiliki, kenyaman pemustaka dalam mengakses informasi baik secara langsung datang ke perpustakaan atau secara online, dan kecukupan sarana prasarana untuk mengakses informasi. Ketiga, Library as Place (sarana perpustakaan), yaitu ketersediaan fasilitas dan ruang yang bermanfaat bagi aktifitas pembelajaran pemustaka di perpustakaan yang terdiri dari aspek kemampuan perpustakaan dalam menampilkan sarana dan prasarana yang menarik dan rapi, ruang yang bermanfaat, desain yang menginspirasi untuk belajar, dan perpustakaan memiliki ruang terbuka bagi seluruh lapisan masyarakat.
Widjonarko (Analis Publikasi) menambahkan dengan demikian, sebagai wajah terdepan dari sebuah perpustakaan, layanan harus terus dikembangkan dan berinovasi, agar pemustaka yang memanfaatkan perpustakaan dan mencari informasi merasa terpuaskan dan selalu ingin kembali ke perpustakaan untuk mengakses informasi.# Jlitheng